Pelestarian Nilai Cagar Budaya Desa Sidomulyo

www.sidomulyo-bancar.desa.id-Pengertian Cagar budaya dalam UU Cagar Budaya No. 11 Tahun 2010 adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

 Karena harus melalui proses penetapan, Cagar Budaya harus perlu di lestarikan. Salah satu cara pelestarian itu adalah dengan melakukan perlindungan terhadap cagar budaya itu. Aspek-aspek yang diperlukan untuk mendukung perlindungan cagar budaya adalah Penyelamatan, Pengamanan, Zonasi, Pemeliharaan, dan Pemugaran. Pada hal ini Jabatan Juru Pelihara Cagar Budaya masuk dalam aspek pemeliharaan.

Salah satu cagar budaya  yang berada di Desa Sidomulyo Kecamatan Bancar yakni adanya Peninggalan Makam Keramat Mbah Abu Karsidin yang terletak di perbatasan antara Desa Sidomulyo dengan Desa Belik Anget Kecamatan Tambakboyo, tepatnya berada di ujung timur Dusun Karang Pacar.

Area Makam yang di jadikan Warga sebagai Punden ini ,selalu ramai di kunjungi oleh para peziarah yang melakukan  kegiatan keagamaan yakni dengan di adakanya acara Tahlil serta Istighozah oleh warga desa sidomulyo dan desa belikanget bahkan juga dari warga luar desa.

Area Makam yang dulunya kurang terpelihara,sekarang sudah mulai bagus, baik akses jalan ke lokasi makam maupun lokasi di area pelataran makam. Kegiatan pemeliharan nilai nilai budaya desa di tahun 2018 ini,yakni Pavingisasi Akses ke lokasi makam serta pavingisasi area pelataran makam.

Kegiatan Pavingisasi Makam Punden Desa yang bersumber dari  dana Silpa Non DD tahun 2017 serta tambahan ADD tahun 2018 ini bertujuan untuk Melestarikan nilai nilai Cagar Budaya yang ada di Desa Sidomulyo,serta bertujuan untuk menciptakan rasa nyaman bagi warga yang melakukan kegiatan ziarah.;-red ( HS)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)