Sejarah Desa

Ada suatu sejarah pada jaman kewalian yaitu jamannya para Sunan mensiarkan agama islam yang kita sebut dengan siar wali songo. Alkisah yang kita anggap sebagai tonggak sejarah asal usul desa sidomulyo yang dulunya disebut dusun Sriwing. Itu tidak lepas dari pada nama desa desa disekitar desa sidomulyo.

Pada waktu itu para wali sedang berpuasa setelah berjalan jauh tiba saatnya berbuka puasa. Ketika itu walisongo tiba di sebuah daerah atau desa yang jarang sekali penduduknya yang pada saat itu belum ada namanya. Para wali berhenti untuk mamasak “ Ngolah sego “  tetapi tidak ada yang di masak. Berkat kesaktian para wali Allah tersebut maka munumbuk pohon “ suket ” rumput itu ditanak dan menjadi nasi. Maka suket tersebut diberi nama suket tuton. Dan nama daerah tersebut dikasih nama desa Ngolahan.

Setelah berbuka maka para wali tersebut melanjutkan perjalanan ke utara dan berhenti disuatu tempat sambil berdzikir. Yang akhirnya daerah itu dikasih nama desa Dikir. Dan para wali selanjutnya melakukan perjalanan ke utara ditengah perjalanan para wali duduk di bawah pohon Gedrek, ( Randu Alas ) sambil selalu berdoa para wali tersebut mengantuk karena tertiup angin yang sepoi spoi. Atau dalam bahasa jawa disebut semriwing, hingga akhirnya daerah tersebut disebut dusun sriwing, dan disekitar daerah itu banyak penduduk yang menanam pohan pacar. Yang akhirnya dikasih nama desa Karangpacar. Kedua desa tersebut lalu dijadikan satu dengan tujuan biar hidupnya layak. /mulya.yang akhirnya dikasih nama Desa Sidomulyo.

Sejarah Pemerintahan Desa :

Pada zaman penjajahan Belanda Desa Sidomulyo terbagi dalam 2 kelurahan yang terdiri dari kelurahan Sriwing dan Karang pacar. Tiap kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang dibantu oleh Bayan, Petengan, Kamituwo dan Jogoboyo.

Seiring dengan  perkembangan zaman kedua kelurahan tersebut berubah menjadi satu desa yaitu desa Sidomulyo yang terdiri dari dua dusun antar lain Dusun Sriwing, dan dusun Karangpacar. Sejak terbentuk Desa Sidomulyo telah mengalami pergantian kepemimpinan (Kepala Desa)  sebagai berikut :

  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Sriman
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Kulari
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Basar
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Mandar
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Dus Salam
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Siti Kinasih
  • Desa Sidomulyo dipimpin oleh Ramujo

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)